Manfaat Minum Susu Kedelai

Banyak dari kita pasti sudah tahu atau bahkan pernah minum susu kedelai atau mungkin justru menyukainya. Bahkan beberapa produsen susu juga telah memproduksi dan menjual produk susu kedelai untuk bayi atau balita yang alergi terhadap susu sapi. Walaupun bagi beberapa orang susu kedelai tidak selezat susu sapi namun ternyata minum susu kedelai memiliki beberapa manfaat.  
Manfaat Minum Susu Kedelai

Berikut manfaat minum susu kedelai :

  1. Mencegah penuaan dini. Di dalam susu kedelai terkandung protein yang cukup tinggi, selain itu juga kaya dengan senyawa anti aging atau anti penuaan dini. Selain itu juga terdapat kandungan vitamin E sehingga dengan minum susu kedelai akan membuat kita tampak awet muda.
  2. Mengatasi Intoleransi Laktosa. Intoleransi Laktosa merupakan gangguan sistem pencernaan yang tidak dapat mencerna serta menyerap laktosa atau lemak susu dengan baik karena enzyme laktase dalam tubuh yang terbatas untuk memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa (monosakarida). Karena itu jika balita mengalami intoleransi laktosa sangat tidak dianjurkan untuk minum susu sapikarena akan mengalami gangguan seperti mual, muntah, diare, serta gejala sakit perut yang lain. Sebagai gantinya dapat dengan memberikan susu kedelai pada balita yang mengalami intoleransi lakstosa.
  3. Pengganti susu sapi untuk penderita autis. Autisme merupakan kondisi seseorang yang kurang mampu membangun hubungan sosial atau berkomunikasi dengan normal baik sejak lahir ataupun ketika masa balita. Susu sapi dan keju adalah salah satu sumber kasein atau protein susu dan glutein atau protein tepung yang kurang baik jika diberikan pada penderita Autisme, karena  kasein dan glutein dapat menyebabkan gangguan fungsi otak sehingga bisa membuat autisnya semakin parah. Solusinya dengan memberikan susu kedelai sebagai pengganti susu sapi dan keju.
  4. Pengganti susu sapi untuk vegetarian. Vegetarian akan memilih makanan atau minuman yang tidak berasal dari hewan, karena itu susu kedelai dapat dijadikan solusi bagi para vegetarian. Dengan kandungan gizi dalam susu kedelai yang sangat tinggi, diantaranya sebagai sumber vitamin, mineral, Karbohidrat, Protein, dan Lemak, susu kedelai dapat dijadikan solusi pengganti susu sapi bagi para vegetarian. 
  5. Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner, dan Stroke. Selain kandungan protein yang tinggi di dalam susu kedelai juga terdapat kandungan vitamin E yang mampu mencegah terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke. Dalam susu kedelai juga terkandung asam Folat dan Vitamin B6 yang  sangat berguna untuk mencegah penyakit jantung. Selain itu kandungan magnesium dalam susu kedelai juga dapat mengatur tekanan darah seseorang. 
  6. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kandungan lesitin yang terdapat dalam susu kedelai dapat berfungsi untuk mengusir LDL, selain itu terdapat juga isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan HDL yang sangat baik untuk kesehatan jantung.
  7. Mencegah kencing manis / diabetes mellitus. Protein dalam susu kedelai ternyata lebih mudah diterima oleh ginjal dibandingkan dengan protein lain yang berasal dari hewan. Jadi susu kedelai sangat baik bagi penderita diabetes. 
  8. Menghambat menopause dan mencegah osteoporosis. Kandungan isoflavon dan vitamin E dalam susu kedelai dapat mengatasi sindroma menopause dan mencegah osteoporosis. 
  9. Mencegah migrain. Susu kedelai sangat kaya dengan Vitamin B-Complek (kecuali B12), Mineral (terutama Kalium), dan Asam Amino (terutama Lisin) yang berfungsi untuk mencegah dan meredakan migrain.
  10. Mencegah kanker. Kandungan zat antioksidan berupa selenium, vitamin E, isoflavon dan Genistein dapat membantu menangkal seragan radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Postingan terkait: