Bahaya Minum Air Putih Berlebihan

Konten [Tampil]
Sudah sejak lama dan terbukti bahwa minum air putih sangat bermanfaat bagi tubuh, namun tidak banyak yang mengetahui tentang bahaya minum air putih berlebihan. Jumlah cairan yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dan berfungsi untuk membantu aktifitas sel-sel, organ serta jaringan tubuh manusia. Karena itulah para pakar kesehatan menganjurkan kita supaya minum air putih rata-rata 8 gelas setiap harinya. Hal tersebut dikarenakan jumlah kebutuhan minum air putih 8 gelas adalah jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh manusia. Dengan begitu maka semua kinerja organ tubuh akan lebih maksimal. Jadi bagaimana kalau minum air putih berlebihan bagi tubuh kita? 
Minum Air Putih Berlebihan

Bahaya minum air putih berlebihan

Memang benar kalau kekurangan minum air putih sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh kita, namun jika minum air putih berlebihan tentu juga tidak baik bagi tubuh kita. Menurut Times of India berikut ini adalah 5 bahaya minum air putih berlebihan yang dapat terjadi secara bertahap:
  1. Dapat merusak komposisi darah. Ketika tubuh menerima asupan cairan dalam jumlah terlalu banyak maka akan menganggu viscositas/kekentalan dalam darah manusia. 
  2. Mengganggu peredaran darah. Apabila keketalah darah dalam tubuh terganggu maka hal tersebut akan berdampak pada sistem peredaran darah dalam tubuh manusia.
  3. Pembengkakan Sel Tubuh. Jika tingkat kekentalan darah dalam tubuh menurun maka juga akan menurunkan kadar sodium sehingga akan menyebabkan sel dalam tubuh membengkak. 
  4. Pingsan. Efek buruk selanjutnya dari pembengkakan sel tersebut adalah pingsan, kejang bahkan dapat menyebabkan koma.
  5. Kematian. Dampak terburuk karena pembengkakan sel, terutama pada sel di otak berpotensi menyebabkan kematian bagi manusia. 
Komposisi cairan yang berlebihan dalam tubuh manusia juga dapat meningkatkan volume darah. Dengan kondisi seperti itu maka akan memaksa ginjal  bekerja ekstra untuk menurunkan jumlah cairan dalam tubuh kita. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) diperkirakan terdapat sekitar 1600 kasus kematian di seluruh dunia karena minum air putih berlebihan. Dengan mengetahui bahaya minum air putih berlebihan semoga kita dapat mengontrol konsumsi cairan dalam tubuh kita karena sebenarnya cairan tidak hanya kita peroleh dari minuman saja tapi juga dari makanan berkuah dan sebagainya. Dapatkan artikel kesehatan mental dari Psikolog Jogja di tempat praktek Biro Psikologi Jogja terbaik.

Post a Comment

0 Comments